Mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Yogyakarta melaksanakan pembelajaran imla’. Metode imla’ adalah sebuah pendekatan pengajaran menulis Bahasa Arab yang digunakan oleh guru dengan cara mendikte kepada murid untuk menggunakan bahasa dengan benar dan mempelajarinya. Metode imla’ juga dikenal sebagai metode dikte dan metode menulis. Imla’ juga terbagi menjadi empat jenis, yaitu imla’ manqul, istima’iy, mandhur, ikhtibary.
Tujuan dari pembelajaran imla adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk menulis kata-kata dan kalimat Arab dengan baik dan benar, menjadikan anak-anak mampu membaca dan menulis huruf dan kalimat arab, melatih semua indra anak didik menjadi aktif, menumbuhkan kemampuan murid untuk menulis dalam bahasa Arab dengan tulisan yang indah dan rapi, menguji pengetahuan murid tentang penulisan kata-kata yang telah dipelajari, dan memudahkan murid mengarang dalam bahasa Arab dengan gaya bahasanya sendiri.
Pembelajaran imla’ ini dilaksanakan pada jam keputrian pukul 11.30 – 12.30 WIB. Adapun peserta diikuti oleh siswa kelas XI SMA N 2 Playen. Kegiatan ini dimulai dengan menuliskan huruf hijaiyah pada kertas masing-masing, dilanjutkan dengan mendikte 3 kalimat. Setelah itu, hasil tulisan tersebut dikumpulkan dan dinilai oleh pembimbing.